Cara Praktis Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jika di dalam artikel yang berjudul 5 Tips Berhemat di Masa Pandemi, saya membahas tentang cara keluarga saya melakukan penghematan dalam hal-hal yang bisa kami optimalkan.

Kali ini saya akan membicarakan mengenai tips bagaimana mengatur keuangan rumah tangga, supaya penghasilan yang kami peroleh mampu mencukupi kebutuhan dan juga simpanan.

Cara yang akan saya utarakan disini tidak memerlukan kemampuan khusus di bidang finansial, karena yang kita butuhkan hanya kemampuan mengurangi dan menambahkan.

Namun inti yang saya ingin sampaikan adalah mengendalikan uang kita, bukan uang yang mengendalikan kita. Ketika kita mengendalikan uang, kita mampu berpikir bagaimana cara mendapatkan uang.

cara praktis mengatur keuangan rumah tangga

Menuliskan Budget Pengeluaran Sebelum Bulan itu Berjalan.

Yang kami lakukan pertama kali adalah menuliskan apa saja pengeluaran rutin bulanan serta pengeluaran yang sifatnya sewaktu waktu.

Pengeluaran rutin dapat berupa tagihan telepon, abonnement, pembayaran cicilan (jika ada), bensin, transportasi, belanja bulanan, alokasi dana liburandan lain-lain. Sementara pengeluaran yang sifatnya sewaktu-waktu misalkan hari raya, inspeksi rutin kendaraan dan yang lainnya, yang sifatnya tidak muncul setiap bulan.

Alat yang diperlukan bisa menggunakan buku tulis, atau Ms. Excel atau bahkan app yang banyak tersedia gratis di App store.

Menyesuaikan Pengeluaran Sesuai Seperti yang Dibudgetkan.

Budget yang sudah dibuat menjadi patokan pengeluaran di bulan tersebut. Jika ada pengeluaran ekstra, maka ini akan dibicarakan antara saya dan suami. Hal ini tidak hanya membuat budget lebih transparan namun juga komunikasi yang terjalin mampu merubah hubungan ke arah yang lebih baik.

Komunikasi ini juga mampu meredakan stres, karena tidak mengetahui apapun tentang keadaan keuangan kita akan meningkatkan stres dan kecemasan.

Satu hal yang selalu saya ingat adalah pengeluaran akan tidak terkendali jika kita tidak mengatur, merencanakan dan melakukan sesuai apa yang kita rencanakan.

Melakukan Evaluasi

Dengan mempunyai budget, kita dapat melihat apakah semua pos pos kebutuhan kita dapat terpenuhi atau tidak? Saatnya memikirkan jalan keluar dengan melakukan evaluasi terhadap pendapatan dan pengeluaran.

Apakah kita harus mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik? Apakah kita sudah mengurangi keperluan yang tidak perlu seperti makan di luar rumah? Apakah kita harus mengganti rencana liburan dengan yang lebih masuk budget? dan sebagainya.

Hal-hal yang bersifat tersier seperti pergi liburan harus dipertimbangkan kembali. Alokasi dana yang sudah dikumpulkan mungkin bisa untuk misalnya membayar lebih cicilan.

Kesimpulan

Kemampuan lain dalam mengalokasikan dana adalah kemampuan untuk memprioritaskan apa yang penting. Semakin kita dapat mengelola keuangan kita, semakin mudah untuk mencapai apa yang kita rencanakan atau membayar hutang yang sedang berjalan, misalnya saja cicilan rumah.

Hallo, saya seorang HR Professional yang biasa menulis di blog pribadi renovrainbow.com tentang karir, pengembangan diri dan motivasi.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store